Kamis, 04 Agustus 2011

Menjadi Baik, Cobaan Pasti Datang menghadang

Manusia dalam menjalani kehidupannya akan selalu diperhadapkan dengan pilihan-pilihan. istilah "Hidup ini pilihan" memang benar adanya. Begitu pula dengan menjadi orang baik atau jahat, itu semua adalah pilihan hidup. 

Oleh karena itu, kalau pun dalam Hidup ini, ada orang yang paksa untuk memilih (tidak sesuai kehendaknya), maka orang tersebut susah mencapai kebahagiaan. contohnya, ketika seorang perempuan yang dijodohkan dengan laki-laki pilihan orang tuanya yang dia tidak cintai, maka pernikannya nanti akan mengalami banyak masalah. berbeda critanya, ketika ada perempuan yang dijodohkan namun dia juga tanpa ada paksaan, menerima dan memilihnya secara Ikhlas, maka terkadang terkadang orang akan mendapatkan kebahagiaan.

Hal yang harus dipahami dalam setiap pilihan adalah bahwa setiap pilihan akan diperhadapkan dengan konsekwensi-konsekwensi dari pilihan tersebut. Begitu pula dengan memilih untuk menjadi Orang baik (sesuai Penafsiran Umum), maka dalam perjalanan kehidupannya akan diperhadapkan cobaan-cobaan sebgai konsekwensi dari pilihannya tersebut.

Terkadang orang yang memilih jalan kebaikan, akan diperhadapkan dengan banyaknya cemohan berupa "sok Alim lah","Sok Suci lah", dan Sok-sok lainnya deh. yang jelas, jangan pernah berharap untuk menjalani pilihan kebaikan dengan aman-aman saja tanpa hambatan (kayak jalan tol aja).

Memang, selalu saja ada pilihan dalam hidup. Selalu saja ada skenario-skenario yang harus kita lakoni. Beratnya pilihan yang diambil dan belum jelasnya masa depan, kerapkali kita berada dalam kepesimisan, kengerian, keraguan dan kebimbangan.

Sebenarnya hal itu semua adalah ciptaan kita sendiri. Karenanya kita kerap berdalih dengan alasan-alasan yang dibuat-buat untuk tak mau melangkah. Tak mau menatap hidup dengan menerima resiko.

Namun berdiam diri atau tak memilih, juga bukan pilihan yang tepat. Karena sejalan dengan waktu, semua akan berubah. Tak mau berubah berakibat mengalami ketragisan yang sama dengan dalih yang kita ciptakan.

Karena hidup adalah pilihan, maka hadapilah itu dengan gagah. Dan karena hidup adalah pilihan, maka pilihlah dengan bijak.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar